Penyerbukan Tanaman Vanili

Vanili mulai berbunga setelah berumur 2.5 tahun hingga dengan 3 tahun. Penyerbukan/perkawinan vanili tidak dapat berlangsung secara alami, baik oleh angin maupun oleh serangga.

Penyerbukan akan bisa terjadi bila mendapat bantuan manusia karena kepala putik tertutup oleh sebuah bibir (labilum) yang terbentuk pada daun bunga keenam.

Adapun cara mengawinkan vanili dapat dilakukan sebagai beriku :

  • Bunga vanili yang sudah mekar, dipegang dengan tangan kiri dengan posisi dua mahkota dan daun kelopok di bagian belakang terletak antara jari tengan dan jari telunjuk.
  • Tangan kanan memegang sepotong kayu (sebesar lidi) yang selanjutnya digunakan untuk membuka (merobek) bibir bunga yang menutub kelapa sari hingga tangkai putik kelihatan, kemudian tutupnya diangkat hingga kepala benang sari turut terangkat.
  • Penyerbukan yang berhasil ditandai dengan jatuhnya daun bunga sesudah 2 atau 3 hari dan beberapa minggu kemudian akan kelihatan buahnya.
  • Beberapa minggu setelah penyerbukan, agar diadakan pemeriksaan pada tandan-tandan untuk memperjarang buah dengan membuang buah-buah yang jelek.
  • Untuk memperoleh buah vanili yang baik dan panjang-panjang, maka pada setiap tandan bunga agar ditinggalkan lebih kurang 1o bunga yang akan membentuk buah.
About these ads

Posted on April 16, 2012, in Budidaya Vanili and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: